Strategi Pengembangan Agribisnis Pindang Bandeng Pada Industri Skala Rumah Tangga Di Kota Yogyakarta ... (PERT-39)


Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu komoditas perikanan yang disukai konsumen. Hal ini disebabkan ikan bandeng mempunyai rasa yang khas. Akan tetapi adanya bau amis dan sifat produk yang cepat mengalami kemunduran mutu, menyebabkan kesukaan masyarakat terhadap ikan bandeng menjadi berkurang. Salah satu jenis pengolahan yang dapat menambah daya awet dan cita rasa ikan bandeng yang telah lama dan banyak diterapkan oleh masyarakat adalah pengolahan pindang bandeng, yaitu kombinasi antara perebusan dengan penggaraman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam pengembangan agribisnis pengolahan pindang bandeng pada industri skala rumah tangga di Kota Yogyakarta. Disamping itu untuk mengetahui dan memahami proses produksi pengolahan pindang bandeng secara tepat, serta mendapatkan strategi pemasaran yang menguntungkan dalam memasarkan pindang bandeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, teknik pengambilan sampel untuk penentuan lokasi penelitian dengan menggunakan metode total sampling, sedangkan pengambilan data dilakukan dengan teknik : observasi dan wawancara (intervieu). Data yang diperoleh dianalisa dengan metode diskriptif, yaitu analisa SWOT, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan dan ancaman pengembangan agribisnis pindang bandeng.
Berdasar hasil analisa SWOT, produk pindang bandeng berada pada kuadran I (0,65 : 1,15), maka strategi yang perlu dilaksanakan adalah strategi yang agresif / growth. Dengan demikian strategi pemasaran produk pindang bandeng yang perlu diterapkan adalah strategi yang agresif untuk memperluas pasar (ekspansi pemasaran) dengan melakukan bauran pemasaran terutama pengembangan produk dan promosi secara bersama-sama yang lebih gencar.
Agribisnis pengolahan pindang bandeng pada industri skala rumah tangga di Kota Yogyakarta dapat dikembangkan dengan jalan memperbaiki manajemen produksi dan manajemen pemasarannya. Kualitas pindang bandeng yang dihasilkan oleh perusahaan pindang bandeng di Kota Yogyakarta sudah mempunyai keunggulan bersaing, walaupun skala industrinya masih terbatas skala rumah tangga. Perbaikan dalam strategi pemasaran pindang bandeng akan dapat mempertahankan eksistensi perusahaan pindang bandeng di Kota Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Seluruh materi makalah, skripsi dan tesis versi lengkap dalam format ms-word (*.doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka, bisa anda miliki segera.

Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar
Rp. 125.000,- per judul KECUALI
Khusus Kode DD, PEND, MAN, biaya pengetikan sebesar Rp. 250.000,- per judul

dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka) VIA EMAIL. tidak lebih dari 1 x 24 jam

Harga diatas kami anggap sama dengan jasa pengetikan jika anda menggunakan jasa pengetikan lain. Untuk konten tentu kami berikan GRATISSSSS.

Caranya?
Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik JUDUL dan KODE JUDUL yang diinginkan,

kirim ke nomor
081334852850
atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com
Lakukan transfer jasa pengetikan

Bank Mandiri
No. Rekening 144-00-1031019-8
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BNI
No. Rekening 0182628639
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BRI
No. Rekening 0051-01-072962-50-0
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BCA
No.Rekening 3180280374
a.n. Oskar Dedik Cristiawan



Tambahkan angka unik disetiap transfer, misalnya anda akan melakukan transfer Rp. 125.000 maka silahkan tambahkan angka unik dibelakang seperti menjadi Rp. 125.200.

Angka unik ini kami gunakan sebagai identifikasi transfer yang anda lakukan. untuk menentukan angka unik terserah anda, tapi kami sarankan gunakan tiga angka terakhir nomor hp anda.
Setelah melakukan transfer, konfirmasikan lewat sms tentang cara transfer (apakah lewat atm atau langsung setor tunai ke bank), dan waktu transfer serta bank asal.

File-file akan kami kirimkan via e-mail, dan jika menghendaki pengiriman dilakukan dengan jasa pengiriman, maka ada penambahan ongkos kirim sebesar Rp. 30.000,-