PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALKOHOL ONE MED DI KOTA SEMARANG (PM-06)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dengan demikian lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan juga akan menjadi semakin kompleks. Secara nasional walaupun ekspor merupakan salah satu jenis usaha yang dapat memberikan tambahan/ pemasukan devisa negara, namun kompleksitas persaingan yang dihadapi perusahaan tersebut akan memaksa setiap perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen.


Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Demikian halnya dengan produk alkohol One med di CV. Global Surya Medika Semarang, harus berusaha keras untuk memenangkan persaingan agar bisa selalu dihati konsumen.
Pada CV. Global Surya Medica yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan dari PT. Intisumber Hasil Sempurna yang memproduksi alat kesehatan One med yang termasuk didalamnya adalah alkohol telah menawarkan produknya dengan harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan perusahaan distributor yang lain. Namun, dikarenakan kurang tepatnya strategi promosi yang diterapkan oleh CV. Global Surya Medika, karena stragegi promosi yang digunakan tidak menggunakan konsep promotional mix melainkan hanya menggunakan sales door to door sehingga penjualan produk alkohol One med selalu berfluktuasi bahkan cenderung mengalami penurunan.

Fokus perhatian manajemen pemasaran adalah pelanggan dan pesaing. Dalam mekanisme perusahaan dan pesaing berlomba-lomba menghasilkan dan menawarkan “Value“ bagi pelanggannya dan perusahaan yang berhasil mengikat seorang pelanggan adalah perusahaan yang berhasil menyajikan superior value.

Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Para pengusaha sebagai produsen tidak saja sekedar bertugas untuk menciptakan suatu produk atau jasa semata, tetapi juga disertai kemampuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan konsumen akan suatu produk atau jasa. Pengusaha berlomba-lomba untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk dan menyusun strategi pemasaran yang tepat, sehingga dapat mendominasi pasar yang ada. Menurut Dharmmesta (1997), keberhasilan perusahaan menjalin hubungan dengan pelanggan, sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang dan dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan secara berkesinambungan merupakan suatu keunggulan kompetitif bagi perusahaan tersebut.

Sedangkan dari pihak konsumen sendiri dituntut untuk semakin kritis dalam memilih barang kebutuhannya, karena begitu banyak pilihan di pasaran. Salah satu upaya untuk mengenali keadaan konsumen yang menjadi sasaran penjualan adalah dengan mempelajari bagaimana prilaku mereka dalam membeli suatu barang atau produk tertentu. Pada dasarnya setiap kegiatan pembeliaan yang nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan-kegiatan fisik lainnya yang terjadi dalam proses pembelian pada suatu periode waktu serta pemenuhan kebutuhan tertentu. Umumnya sebelum perilaku membeli terjadi didahului oleh adanya minat atau keinginan untuk membeli yang didorong oleh suatu motif tertentu. Minat membeli antara individu yang satu dengan yang lain tidak selalu sama dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Di samping itu saat ini pihak konsumen lebih rasional dan lebih cermat dalam melakukan pembelian serta mengumpulkan informasi mengenai suatu produk atau barang yang akan dibelinya serta pemilihan tempat di mana pembelian tersebut akan dilakukan.
Sehingga permasalahan yang timbul yaitu keputusan pembelian produk alkohol One Med dipengaruhi oleh harga, promosi dan kualitas produk. Dari segi harga ternyata produk yang ditawarkan dari alkohol One Med lebih mahal daripada produk pesaing, dari segi promosi yang digunakan hanya mengandalkan sales door to door, kualitas produk yang dihasilkan masih kalah dengan produk pesaing.

Sehubungan dengan banyaknya persaingan dibidang alat-alat kesehatan yang ada di pasaran, maka CV. Global Surya Medica yang merupakan salah satu distributor yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan trmasuks alkohol dari PT. Intisumber Hasil Sempurna di Semarang mengantisipasi persaingan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan peningkatan pemasaran produk alkohol One med antara lain dengan menawarkan harga yang bersaing dibandingkan dengan distributor yang lain namun hal tersebut belum didukung dengan strategi promosi yang tepat.
Berdasarkan uraian di atas maka dalam penelitian ini digunakan judul : “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk alkohol One Med di Kota Semarang”.

B. Rumusan Masalah
Atas dasar uraian diatas, maka penting kiranya dilakukan suatu penelitian secara empiris yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan faktor –faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian alkohol, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Ada pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
2. Ada pengaruh antara promosi terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
3. Ada pengaruh antara kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
4. Aada pengaruh antara harga, promosi, dan kualitas secara simultan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.

C. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med..
2. Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
3. Untuk menganalisis pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
4. Untuk menganalisis pengaruh harga, strategi promosi dan kualitas secara simultan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med..

Adapun kegunaan penelitian ini adalah :
1. Bagi Perusahaan yang Memproduksi/menjual Produk Alat-alat kesehatan
Dapat memberikan masukan kepada pihak manajemen perusahaan guna menentukan langkah yang lebih tepat dalam pengembangan strategi pemasaran.
2. Bagi Penulis
Dapat memberikan tambahan pengetahuan dan memperluas khasanah mengenai ilmu-ilmu pemasaran terapan secara praktis.
3. Bagi Ilmu Pengetahuan
Dapat memberikan ide-ide untuk penelitian kembali pada penelitian yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Seluruh materi makalah, skripsi dan tesis versi lengkap dalam format ms-word (*.doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka, bisa anda miliki segera.

Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar
Rp. 125.000,- per judul KECUALI
Khusus Kode DD, PEND, MAN, biaya pengetikan sebesar Rp. 250.000,- per judul

dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka) VIA EMAIL. tidak lebih dari 1 x 24 jam

Harga diatas kami anggap sama dengan jasa pengetikan jika anda menggunakan jasa pengetikan lain. Untuk konten tentu kami berikan GRATISSSSS.

Caranya?
Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik JUDUL dan KODE JUDUL yang diinginkan,

kirim ke nomor
081334852850
atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com
Lakukan transfer jasa pengetikan

Bank Mandiri
No. Rekening 144-00-1031019-8
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BNI
No. Rekening 0182628639
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BRI
No. Rekening 0051-01-072962-50-0
a.n. Oskar Dedik Cristiawan

Bank BCA
No.Rekening 3180280374
a.n. Oskar Dedik Cristiawan



Tambahkan angka unik disetiap transfer, misalnya anda akan melakukan transfer Rp. 125.000 maka silahkan tambahkan angka unik dibelakang seperti menjadi Rp. 125.200.

Angka unik ini kami gunakan sebagai identifikasi transfer yang anda lakukan. untuk menentukan angka unik terserah anda, tapi kami sarankan gunakan tiga angka terakhir nomor hp anda.
Setelah melakukan transfer, konfirmasikan lewat sms tentang cara transfer (apakah lewat atm atau langsung setor tunai ke bank), dan waktu transfer serta bank asal.

File-file akan kami kirimkan via e-mail, dan jika menghendaki pengiriman dilakukan dengan jasa pengiriman, maka ada penambahan ongkos kirim sebesar Rp. 30.000,-